About Us

Posted by Azumi Ruby release on January 1st, 2019

Sejarah dan Tentang Website ini :

Website ini di Rilis pada tanggal 30 Desember 2018. Berdasarkan pengamatan saya Website ini adalah yang pertama dalam mempublikasikan Anime dengan 60 FPS/ Frame Per Second atau Frame PerDetik Bahasa Indonesianya.

 

Pembahasan Tentang Frame :

Saya akan membahas scara singkat saja apa itu FPS untuk yang lebih detailnya lagi silahkan baca di “Pemahaman frame Per detik (FPS)” support.microsoft.com. 

Frame Rates adalah ukuran kecepatan Frame/Gambar yang ditampilkan per detiknya, satuannya adalah Frame Per Second (FPS).

Bagaimana Frame Rates Dicerna oleh Mata?

Mata manusia mampu membedakan antara Gambar satu dengan Gambar Lainnya, ketika kumpulan Gambar tadi ditampilkan dengan kecepatan di bawah 10-12 FPS. Otak kita memproses Frame-Frame/Gambar tadi sebagai Gambar Statis yang ditampilkan secara bergantian, bukan sebagai Animasi/Gerakan yang Halus tanpa Patah-Patah.

Tapi kalau Frame Rates nya ditingkatkan ke angka 18-60FPS atau Lebih, otak kita mulai sulit ngebedain setiap Gambarnya, karena Gambar tersebut di tampilkan dengan kecepatan 18-60FPS atau lebih dan membuat kita berpikir itu adalah benar-benar “Gambar yang Bergerak/Animasi”.

Jadi jika Frame Rate terlalu Pelan/Sedikit, Pergerakan jadi terkesan Patah-Patah, namun jika di Percepat/Perbanyak Pergerakannya akan terlihat semakin Nyata/Halus.

Berikut adalah contoh Perbedaan Frame 15 FPS, 24 FPS, 30 FPS, dan 60 FPS :

Perbedaan Frame

Hubungannya dengan Anime?

Pada dasarnya semua Studio Anime memproduksi Anime dengan 24 Frame PerDetik atau 24 FPS. Namun berkat perkembangan Software/Teknologi, saya dapat “Mengakalinya” menjadi 60 Frame PerDetik atau 60 FPS. Karena saya kehabisan kata kata, kalian bisa melihatnya sendiri di bawah ini.

Berikut contoh perbedaan 24 FPS dengan 60 FPS di Anime :

Bagaimana sudah lihat kan perbedaanya. Saya berani jamin jika kamu sudah terbiasa menonton dengan 60 FPS tidak akan bisa balik nonton “yang biasa (24 FPS)”. Pastikan kalian melihat semua Video di atas dengan Resolusi minimum 720p agar terlihat perbedaannya.

 

Kelebihan dan Kekuranganya :

Kelebihan :

  • Gerakan lebih halus dan nyata

 

Kekurangan (Karena di Render dari 24 FPS) : 

  • Terkadang terdapat Glitch (Karena di Render dari 24 FPS) Glitch ketika menggunakan HardSubtitle atau di Format MP4
  • Ukuran sedikit lebih besar dari biasanya
  • KETIKA KAMU BALIK NONTON 24FPS AKAN TIDAK TERBIASA

 

Kesimpulan :

Silahkan tarik kesimpulan sendiri.

 

Sumber : https://www.plazakamera.com/kenapa-frame-rate-atau-fps-itu-sangat-penting/